Akhirnya Youtube Jatuhkan Sanksi Kepada Logan Paul

Manis Sejagad – Vlogger asal Amerika Serikat, Logan Paul membuat netizen berang, setelah dalam vlognya ia memperlihatkan jenazah di hutan Aokihagara yang dikenal jadi tempat bunuh diri. Beberapa waktu setelahnya, video lain yang memperlihatkan aksinya yang tengah melemparkan Pokeball ke orang-orang Jepang, polisi, mobil, sampai pengguna sepeda yang kebetulan tengah melintas di pusat kota Tokyo kembali menjadi sorotan.

Dalam video berjudul Real Life Pokemon in Tokyo, bahkan ia kemudian mulai melepas celana panjangnya di tengah jalan kota yang sibuk. Aksi Logan Paul itu juga menyebabkan kemarahan di kalangan netizen, dan salah satunya berikan komentar dengan menyebutkan, “Saya tidak tahu alasan mengapa orang seperti itu begitu populer.”

Para netizen yang lain juga turut berkomentar untuk mengambarkan bagaimana perasaan mereka tentang kejenakaannya.“ Jangan datang lagi ke Jepang,” disusul dengan komentar, “Ini tidak berperasaan dan sia-sia. Perilakunya begitu mengecewakan.” Dalam satu video Logan bahkan juga menyebutkan, “Saya bersumpah Tokyo hanya sebuah taman bermain raksasa. Mungkin tidak. Mungkin aku mesti berhenti. Mungkin tidak.”

Sebelumnya, Logan Paul sendiri sudah meminta maaf dikarenakan memperlihatkan mayat korban bunuh diri dalam satu video yang diunggah di kanal Youtube-nya. Tetapi, ia juga membuat ulah di kota itu dengan video lain berjudul We Fought In The Middle Of Tokyo!, di mana pria 22 tahun itu serta beberapa temannya memanfaatkan setiap budaya Jepang dan mengubahnya jadi suatu hal yang begitu menyinggung perasaan mereka.

Baca Juga : Berani Coba Karaage Rasa Bau Kaki Perempuan ?

Baca Juga : Anak Muda Selandia Baru Bangun Pulau Untuk Minum Alkohol

Banyak pihak yang menganggap YouTube kurang tegas dan cenderung lambat merespon kasus kontroversial ini, namun setelah banyaknya desakan, akhirnya situs video sharing tersebut memutuskan untuk memberikan sanksi terhadap vlogger kontroversial tersebut.

“Kami berharap sikap yang lebih baik dari kreator yang membangun komunitasnya di YouTube, yang tentu merupakan hal yang juga kalian harapkan. Channel tersebut melanggar aturan komunitas kami, dan kami telah melakukan tindakan menghadapi hal tersebut, dan kami mempertimbangkan konsekuensi lebih lanjut.”

“Mungkin kami lambat dalam merespon hal ini, namun kami telah mendengarkan semua yang kalian katakan. Kami menyadari bahwa tindakan satu kreator dapat memengaruhi keseluruhan komunitas ini, jadi tidak lama lagi kami akan mengumumkan kepada kalian, langkah-langkah yang akan kami ambil untuk memastikan video seperti ini tidak akan pernah beredar lagi.”

Sanksi-sanksi yang dijatuhkan kepada Logan Paul di antaranya adalah dihilangkannya Logan dari daftar Google Preferred, sebuah jalur lukratif yang “mengarahkan para pengiklan ke saluran-saluran YouTube terpopuler”. Selain itu juga dilakukan penundaan pada proyek film The Thinning: New World Order di YouTube Red yang sedianya akan dibintani oleh Logan, juga pencoretan nama Logan dari daftar pemeran di seri komedi di YouTube Red, Foursome.

Tinggalkan Balasan