Arab Saudi Akan Izinkan Wanita Pakai Bikini di Pantai

Manis Sejagad – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman baru saja mengumumkan rencana pembangunan resort mewah di pesisir Laut Merah, Jumat (4/8). Ini dilakukan sebagai bagian upaya modernisasi model ekonomi negaranya yang selama ini bergantung pada ekspor minyak.

Meski begitu, ada hal lain yang menjadi perhatian publik internasional. Pemerintah memperbolehkan wanita menggunakan bikini di pantai. Kebijakan ini dalam rangka meningkatkan ekonomi pariwisatanya.

Kebijakan Arab Saudi tentang aturan berpakaian terhadap wanita

Arab Saudi merupakan negara yang sangat ketat aturannya terhadap wanita. Mereka mengharuskan wanita menggunakan pakaian yang tertutup, tidak boleh mengemudi, serta kalau keluar rumah harus ada pendamping. Bahkan beberapa waktu lalu seorang gadis ditangkap karena mengenakan rok mini di sebuah desa.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti Telegraph dan The Sun Jumat (4/8/2017) Sang Pangeran , Muhammed bin Salman mengumumkan undang-undang mengenai perempuan memakai bikini. Undang-undang ini berlaku di proyek resort mewah yang akan di bangun di pantai di kawasan Laut Merah.

Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Baca Juga : Duterte menyebut Pemimpin Korut Orang ”Bodoh”

Meski begitu, pengumuman oleh kerajaan tersebut tak menjelaskan soal boleh tidaknya konsumsi alkohol di resort yang sama. Sampai saat ini, alkohol masih dilarang keras oleh pemerintah Saudi.

Proyek resort ini merupakan usaha teranyar Arab Saudi untuk mencoba melepaskan ketergantungan ekonomi negaranya pada ekspor minyak. Pemerintah Saudi mengatakan, proyek ini akan mewujudkan salah satu resort paling mewah yang akan dibangun pada 50 pulau alami yang belum terjamah manusia.

Proyek resort mewah ini akan dimulai pada tahun 2019, dengan tahap pertama ditargetkan akan selesai pada tahun 2022. Dia juga akan merancang undang-undang untuk aturan di bangunan resort, serta aturan diperbolehkannya wanita bersantai di pantai menggunakan bikini.

Pemerintah Arab Saudi ternyata tidak main-main dengan rencananya. Tidak hanya sekedar resort mewah, namun pemerintah juga merancang dimana traveler nantinya bisa melakukan aktivitas outdoor yang menyenangkan, seperti terjun payung, trekking, dan panjat tebing di Arab Saudi.

Selain itu, pengunjung juga bisa berkunjung ke kawasan satwa langka seperti macan tutul dan burung elang. Traveler juga bisa melihat reruntuhan kuno Mada’in Saleh, sebuah situs cagar budaya UNESCO yang berada di Arab Saudi. Satu hal lagi, traveler tidak memerlukan visa bila ingin berkunjung ke Arab Saudi.

 

 

Tinggalkan Balasan