Berkunjung ke Cirebon Jangan Lupa Mencicipi Pizza Volcano

Manis Sejagad – Walau dari Italia, pizza telah mendunia. Bermacam kreasi bentuk dan rasa dibuat orang, termasuk juga restoran di Cirebon yang buat pizza tradisional Italia.

Tidak terhitung jumlah restoran atau kafe buat bermacam kreasi pizza. Umumnya, pizza dipanggang dalam oven gas atau listrik. Tetapi, salah satu restoran di Cirebon, Coffee n’ Friends pilih untuk buat pizza dengan proses pemanggangan secara tradisional, menggunakan tungku batu dan kayu bakar.

Adonan pizzanya juga begitu tipis, khas pizza Italia. Proses pemanggangan dengan tungku buat pizza lebih renyah gurih dengan aroma bakaran yang harum.

General Manager Coffee n’ Friends Alexander menyebutkan proses pemanggangan pizza dengan tungku adalah kali pertamanya di Kota Cirebon. Rencana itu, menurut dia sesuai dengan sejarah lahirnya pizza di Italia.

Menikmati pizza tungku buat penikmatnya seperti rasakan berada di Italia.” Sempat ada orang Italia sampai jadi pelanggan kita. Ia mengaku jadi ingat masa kecilnya,” ucapnya.

Alex mengatakan kayu yang digunakan untuk proses pembakaran berasal dari pohon yang berbuah, seperti pohon mangga, durian, jambu, dan lainnya. Kayu tersebut, menurutnya, akan membuat aroma pizza lebih enak.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Orang Bisa Kena Trypophobia

“Kita sengaja memilih pizza sebagai makanan untuk menemani ngopi. Pizza ini termasuk makanan ringan, pas untuk ngopi. Selain di Cirebon, kita juga punya cabang di Cimahi,” katanya.

Baca Juga : Seekor Paus Selamatkan Seorang Penyelam Dari Serangan Hiu

Pizza tungkunya itu ternyata digandrungi masyarakat Cirebon. Kendati restorannya baru dibuka selama tiga bulan, Alex mengaku penjualan pizza mengalami peningkatan.

“Penikmatnya semua kalangan, pelajar juga ada. Kebetulan masyarakat Cirebon menerima kami dengan senang,” ucapnya. Harga pizza tungku terbilang murah. Harganya hanya Rp 25 ribu hingga Rp 60 ribu untuk satu porsi.

Coffee ‘n Friends menyediakan pizza volcano, crunchy dan calzone. Pizza crunchy merupakan pizza bundar khas Italia dengan kulit tipis garing. Sementara pizza calzone merupakan jenis pizza setengah lingkaran. Adonan pizza dilipat dua dan dipilih sisinya sehingga mirip pastel.

Yang unik justru pizza volcano. Pizza ini saat disajikan menggelembung seperti kubah. Jika dipotong telihat pizza yang ‘dipayungi’ gelembung adonan seperti kuah. Selain rasanya lebih gurih toppingnya juga tetap lembap enak. Gelembung kubah ini dibentuk dari adonan yang ditutupkan di atas pizza bertopping sebelum dipanggang. Dimasuki udara hingga menggembung dan dipanggang. Suhu tinggi akan membuat gelembung ini menjadi kering dan bundar.

Sementara pizza dan toppingnya juga matang. Pilihan topping cutup beragam dari Margaritha yang klasik hingga smoked beef, smoked chicken, supreme, tuna, meat lover hingga spicy chicken, seafood hingga beef pepperoni. Untuk calzone ada rasa manis seperti pisang, cokelat hingga nutella dan ovomaltine.

Kalau ke Cirebon bisa ngopi cantik di sini. Bahkan Anda bisa mengamati pizza pesanan Anda dibuat lewat open kitchen dengan tungku pizzanya. Restoran buka jam 10.00 – 22.00 setiap hari.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan