Ini Dia 7 Kue Lebaran di Luar Negeri!

Ini Dia 7 Kue Lebaran di Luar Negeri!

 

Nggak kerasa ya kalau Idul Fitri sebentar lagi tiba. Nah, saat-saat seperti ini biasanya sih kamu akan menyibukkan diri untuk membeli atau membuat kue-kue khas Lebaran seperti kastengel, nastar, atau sagu keju.

Camilan di atas memang wajib hukumnya ada di meja keluarga Indonesia saat momen spesial ini tiba. Ternyata, menyiapkan panganan khas Idul Fitri nggak cuma jadi tradisi masyarakat tanah air lho. Beberapa negara seperti Mesir, Maroko, Yordania, Myanmar, atau Irak juga punya kebiasaan unik ini.

 

1.Mesir

Kue Kebaran

Seperti ada yang kurang bila kamu merayakan lebaran di Mesir tanpa menghadirkan kue kahk di meja. Kue berbentuk lingkaran ini punya rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Isian kurma atau walnut di dalamnya pun membuat camilan ini terasa semakin nikmat. Sama seperti di Indonesia, bila Idul Fitri menjelang biasanya para keluarga akan bergotong untuk membuatnya. Biasanya, kue ini akan disajikan dengan menaburkan gula halus di atasnya agar rasa kahk akan semakin legit.

 

2.Irak

Kue Kebaran Irak

Kue lebaran di luar negeri selanjutnya adalah kleicha yang berasal dari Irak. Jika Idul Fitri tiba, hampir semua rumah di negara ini memiliki aroma khas dari kue tersebut. Kleicha dari yang memiliki tekstur renyah sekaligus lembut ini punya aroma rempah dan mawar yang kuat. Cita rasa manis yang ada di panganan ini tercipta dari buah kurma yang jadi isiannya.

 

3. Maroko

Kue Kebaran Maroko

Berbeda dengan yang lain, kue lebaran di luar negeri yang satu ini rasanya cenderung gurih dan pedas. Kue yang bernama spicy fekkas ini berasal dari Maroko lho. Pangan tersebut dibuat dari tepung terigu, daging, rempah-rempah, daun peterseli, sayuran, dan keju.

 

4. Yordania

Kue Kebaran Yordania

Selanjutnya adalah kue lebaran khas Yordania. Kalau dilihat sepintas, bentuknya mirip dengan kue bulan khas Imlek. Hanya saja teksturnya lebih renyah. Camilan tersebut lebih dikenal dengan nama maamoul. Yang membuat makanan ini terasa sangat istimewa adalah aroma sitrus yang bisa kamu rasakan saat mencicipinya. Cita rasa tersebut berasal dari orange blossom water yang dicampurkan pada isian maamoul.

 

5. Myanmar

Kue Kebaran myanmar

Nah, kalau kue lebaran di luar negeri sebelumnya sebagian besar berasal dari wilayah Timur Tengah, yang satu ini masih berada di Asia Tenggara. Panganan khas Idul Fitri di Myanmar adalah Sa Nwin Ma Kin. Makanan ini adalah sejenis pudding yang berbahan semolina atau butiran gandum. Biasanya, Sa Nwin Ma Kin disajikan bersama Danbuk Htamin semacam nasi biryani dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

 

6. Tunisia

Kue Kebaran Tunesia

Salah satu makanan lezat khas lebaran di Tunisia adalah Kaak. Bentuknya mirip dengan donat, ya! Walaupun bentuknya sama, cara pengolahannya berbeda. Jika donat dibuat dengan cara digoreng, Kaak justru dipanggang di sebuah batu bernama tandoor. Saat proses baru keluar dari pemanggang tekstur roti ini memang jadi keras. Tapi, kalau sudah didinginkan, tekstur dan rasanya sangat lembut lho.

 

7. Iran

Kue Kebaran iran

Kue tradisional asal Iran yang biasa disajikan saat lebaran atau hari-hari besar lainnya adalah Qurabiya. Kue yang terbuat dari tepung almond, gula, putih telur, vanila, mentega, dan pistachio ini biasanya disajikan bersamaan dengan teh hangat. Kalau dilihat sekilas, wujud kue ini mirip dengan cookies khas Amerika ya!

Tinggalkan Balasan