Kota Ini Tak Masuk di Peta dan Sepi Seperti Kota Hantu

Manis Sejagad – Kalian tentu seringkali mendengar kota hantu yang tidak berpenghuni, dong? Nah, kebanyakan, kota-kota itu ada di dalam film atau cerita horror. Tetapi ternyata, kota hantu itu beneran nyata, serta terletak di Asia.

Tiongkok juga miliki kota hantu bernama Kangbashi. Kota Kangbashi ini tampak begitu modern. Tetapi, kenapa tak ada yang ingin tinggal disana, ya?

Kota Kangbashi terdapat di kawasan Ordos. Kota ini ada di tengah-tengah padang pasir Mongolia.

Walau bagaimanapun, Kangbashi merupakan kota moderen yang diperlengkapi dengan beragam sarana. Misalnya seperti stadion olahraga dan perpustakaan. Tetapi, sekitaran 10 tahun setelah dibuat tetap tak ada orang yang ingin tinggal di sini.

Mengapa begitu, ya?

Kota Kangbashi mulai dibangun pada 2003 oleh para investor. Kota ini dibangun untuk tempat tinggal baru yang modern bagi masyarakat Tiongkok.

Pada 2005, pemerintah Tiongkok ikut menyumbangkan dana bagi pembangunan kota ini. Hingga 2010, tetap tidak ada orang yang mau tinggal di kota ini. Padahal Kota Kangbashi dapat dihuni oleh jutaan orang.

Baca Juga : Untuk Para Penggemar Deadpool, Inilah Trailer Terbaru Deadpool 2

Baca Juga : Transgender Ini Habiskan Rp 1 Miliar Agar Mirip Kylie Jenner

Karena tak ada penduduknya, Kangbashi disebut sebagai kota hantu terbesar di Tiongkok. Kota ini bahkan masuk dalam daftar kota hantu terbesar di dunia.

Salah satu penyebab tidak ada orang yang mau tinggal di Kota Kangbashi adalah karena tingginya pajak yang harus dibayar. Selain itu, biaya hidup di kota ini juga cukup mahal sehingga orang tidak mau pindah ke sini.

Pemerintah pun mencoba menarik orang untuk tinggal di Kota Kangbashi. Pemerintah menawarkan kompensasi dan apartemen gratis bagi petani yang mau tinggal di kota ini. Pemerintah Tiongkok juga memindahkan kantor pemerintahan dari kabupaten yang berjarak 32 km.

Dengan begitu para pekerja akan pindah ke Kota Kangbashi agar lebih dekat dengan tempat kerjanya. Usaha ini membuahkan hasil. Sekarang ada kurang lebih 100 ribu orang yang tinggal di kota ini.

Walaupun sudah berpenduduk, Kota Kangbashi ternyata tidak masuk dalam peta Tiongkok. Pemerintah pusat menganggap kota ini masih kurang layak untuk dimasukan ke dalam peta.

Pemerintah administrasi Kangbashi pun masih berusaha mengajukan petisi agar kota ini dimasukkan ke dalam peta secara resmi.

Tinggalkan Balasan