Kulkas yang Jadi Karya Seni

Kulkas yang Jadi Karya Seni

Manis Sejagad – Karya seni bisa tampil di mana pun, bahkan di barang-barang rumah. Sebuah benda akan berubah menjadi seni saat mendapat sentuhan dari seniman yang tentu berpengelaman dan memang menggeluti di bidangnya.

Ide dasar ini kemudian diadopsi oleh Modena Indonesia yang bekerjasama dengan tiga seniman seni rupa Indonesia untuk mengeluarkan peralatan rumah tangga edisi terbatas, yakni Masterpiece Retrofridge, kulkas berdesain retro yang diberikan sentuhan seni rupa.

Ketiga seniman yang menghiasinya adalah Hendra ‘Hehe’ Harsono, Radi Arwinda dan Kemal Ezedine.

Featuring dengan seniman pada sebuah produk merupakan impian yang sudah ada sejak lama, kata Direktur Modena Indonesia Robert Widjaja. Retrofridge dipilih karena desain yang menarik dan memiliki sentuhan seni.

“Retrofridge dari awal memang memperhatikan desain. Dilihat dari sudut-sudutnya, tidak ada yang runcing—tapi oval. Dari warna juga beragam cerah dan eyecatching,” kata Robert.

Karenanya, kulkas itu dianggap cocok dan diserahkan kepada ketiga seniman untuk dijadikan sebuah maha karya. Mereka mulai mengerjakan dengan gaya dan ciri khas masing-masing.

Cerita masa kecil

Hehe, pelukis asal Yogyakarta ini memunculkan karakter-karakter anomali pada lukisan di atas kulkas berwarna krem. Dia mencampurkan warna cerah seperti biru, kuning, oranye serta memadukan dengan warna cokelat. Lukisan ini memiliki nuansa yang menyenangkan.

Hehe menjelaskan lukisan ini memiliki kenangan masa kecil dia saat pertama kali memiliki kulkas, yaitu rasa senang yang bercampur aduk dengan rasa penasaran terhadap kulkas.

Hehe membubuhkan cerita kala dia membuat puding dan dimasukan ke kulkas, namun gagal. Kisah masa kecil yang dianggap pernah dialami hampir setiap anak yang memiliki kulkas tampil dalam lukisannya.

Dia mengakui tak mudah untuk mendapat ide tersebut. Perlu waktu dua pekan untuk bisa menggoreskan cat akrilik di atas kulkas yang menggantikan fungsi kanvas.

“Tantangan yang dihadapi dalam melukis Retro adalah memberikan nilai lebih bagi sebuah produk gaya hidup,” ujar Hehe.

Baca Juga : Calcio Fiorentino, Olahraga yang Paling Brutal di Bumi

Kucing keberuntungan

Nah, kalau Hehe menekankan ke cerita masa kecil—berbeda dengan Radi yang membuat sebuah karakter unik nan lucu. Dia memilih kucing keberuntungan sebagai ide dasar membuat lukisan di atas kulkas yang memiliki warna dasar royal blue.

Kucing keberuntungan ini diberi nama Kulakineko (Cool Lucky Neko). Di mana dia dianggap sebagai teknologi mutakhir untuk menciptakan dan mengawetkan keberuntungan secara efektif dan ramah lingkungan.

Menurut dia, apa pun yang masuk ke dalam alat ini akan memiliki manfaat positif yang bertahan lama tanpa mereduksi potensi dan manfaat alaminya.

“Tantangan karya ini lebih ke teknis karena saya baru pertama kali mengerjakan dengan bahan ini. Oleh karena itu saya kerjasama dengan teman saya yang biasa mengecat otomotif,” kata Radi.

Baca Juga : Siapkan Nyalimu, YSL Luncurkan Sepatu Roda Berhak Tinggi

Fungsi yang hilang

Terakhir adalah karya dari Kemal. Dia menyebut kulkasnya dengan nama Dedikasi. Nama ini dipilih untuk menggambarkan seniman Bali dalam berkarya.

Kemal mengeksplorasi tiga jenis garis, yakni yang lebih tebal, medium dan tipis, sehingga menjadi visual dinamis dan menarik. Dia menjelaskan kulkas memiliki fungsi, sementara seni tidak memiliki. “Dia (kulkas) menjadi art (seni) saat fungsinya hilang,” kata Kemal.

Bahkan, kata dia, sekali pun kulkas tersebut tidak dipakai lagi—dia akan tetap menjadi seni. Pada dasarnya, kulkas hanya sebagai medium. “Kulkas yang ingin dikaitkan dengan seni harus menerima apa adanya seni itu,” ujar Kemal.

Nah, ketiga karya seni ini sudah laku dalam pelelangan. Adapun uang hasil lelang ini didonasikan demi tujuan pengembangan seni rupa. Tapi jangan gigit jari dulu, bila Anda tertarik Modena Indonesia berencana melanjutkan featuring dengan seniman ini pada produk kulkas Retrofridge. Nanti Anda bisa memilih karya seni yang pasti berbeda satu sama lain untuk kulkas.

sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan