Setelah Mabuk Minuman Beralkohol Apakah yang Harus Dimakan ?

Manis Sejagad – Banyak cara yang dilakukan orang untuk melewati malam hari. Berkumpul dengan teman dan keluarga di rumah, mendatangi acara musik, merayakan ulang tahun atau bergabung dengan keramaian di luar.

Untuk yang sudah dewasa, tak jarang minuman yang mengandung alkohol atau bir jadi pendamping bebrapa momen hangat itu. Bila yang sudah terbiasa, mungkin akan baik-baik saja.

Tapi tak jarang, banyak yang merasakan hangover sesudahnya, seperti terasa mual, pusing, lemas, serta kepala begitu berat.

Untuk menangani ini, setiap orang mempunyai cara menghilangkan mabuk atau hangover tadi. Dari mulai yang menenggak susu, atau mengunyah daging, telur, dan keju.

Tapi, apa benar makanan dan minuman berlemak itu benar-benar efisien menyingkirkan mabuk?

Menurut Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, New York, justru mengatakan makanan berlemak sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah mabuk.

Dia berkata bahwa pada umumnya orang memang ingin mengonsumsi kopi atau makanan berminyak dan berlemak setelah mabuk. Tapi, hal itu sebenarnya tidak membantu menghilangkan mabuk.

Baca Juga : Calon Presiden Nigeria Ini Kampanye Dengan Indomie

“Justru makanan itu akan membuat Anda merasa lebih buruk,” kata Glatter seperti dilansir dari Newsweek.

Baca Juga : Pembeli Daging Membludak Karena Penjualnya Wanita Seksi

Glatter menjelaskan, setelah mabuk pada dasarnya tubuh tidak ingin mengeluarkan energi terlebih untuk menghancurkan makanan berlemak. Itu karena pankreas dan hati sedang meradang karena alkohol.

Sebelum meminum alkohol, sebenarnya akan lebih baik untuk mengonsumsi karbohidrat dan lemak. Hal ini akan memperlambat penyerapan alkohol dan melindungi perut.

Daripada mengonsumsi makanan berlemak setelah mabuk, sebagai gantinya lebih baik mengonsumsi makanan sederhana untuk mengembalikan nutrisi dalam tubuh. Glatter mengatakan, alkohol menghabiskan penyimpanan vitamin A, B, dan C, serta magnesium dan potassium dalam tubuh.

“Mulailah dengan pisang atau smoothie karena mudah dicerna perut dan memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar cepat pulih,” katanya.

“Telur juga baik karena mengandung sistein asam amino tinggi yang menurut penelitian dapat menetralkan beberapa kerusakan yang disebabkan alkohol,” sambungnya.

Sementara itu, jika meminum kopi setelah mabuk justru dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan asam di dalam perut.

“Setelah mabuk, sebelum tidur Anda harus minum setidaknya tiga gelas air dan minum. Minum kopi dan yang berlemak setelah mabuk justru makin merusak tubuh,” kata Glatter.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan