Tahukah Kamu Darimana Asal Usul Dari Kata Uang dan Duit?

Manis Sejagad – Bila kita beli sesuatu, kita berikan uang pada penjualnya. Ada pula yang mengatakan uang jadi duit. Lantas dari mana kata itu berasal?

Asal Kata “Uang”

Asal kata “uang” ini sendiri terdapat banyak versi. Ada yang mengatakan kata “uang” datang dari kata “wang”, berarti alat pembayaran yang terbuat dari emas.

Emas pada zaman dulu dipakai untuk membayar barang-barang yang mahal. Beberapa barang murah dibayar dengan perak, sedang yang lebih murah sekali lagi dibayar dengan tembaga, besi, dan kuningan.

Ada pula yang mengatakan kata “uang” berasal ari nama pakar keuangan di Tiongkok, yakni Wang An Shi. Uang emas Tiongkok yang dari jaman itu sempat masuk ke Indonesia dan dijadikan alat pembayaran sah.

Ada pula yang mengatakan kata “uang” berasal dari kata “daluwang”, yakni kertas yang dibuat dari kulit pohon. Pada awal kemerdekaan Indonesia, alat pembayaran sah yaitu ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) yang terbuat dari daluwang.

Baca Juga : 3 Fakta Tentang Patung Ikonik Merlion di Singapura

Baca Juga : Video Heboh Wanita Yoga di Pesawat Jadi Viral

Asal Kata “Duit”

Sedang kata “duit” berasal dari kata “duit” atau “doit”, yakni sebutan untuk uang koin kuno Eropa yang dibuat pada abad ke-14. Duit di Eropa adalah salah satu uang koin yang terbuat dari perak serta dipakai jadi alat pembayaran sah.

Duit adalah unit mata uang paling kecil di Belanda, sedang yang terbesarnya disebut gulden. Saat itu, 1 gulden sama dengan 160 duit.

Duit masuk ke Indonesia sejak tahun 1726 lantaran penjajahan Belanda. Nah, lantaran sering terima uang duit itu, jadi kata “duit” sendiri seringkali didengar juga oleh orang Indonesia.

Sebenarnya uang serta uang itu berlainan cuma di pemakaian kata saja. Uang adalah kata resmi, sedang duit adalah kata informal dalam bahasa Indonesia.


Be the first to comment

Tinggalkan Balasan