Ketua Satgas Karhutla Jambi Perintahkan Tembak Yang Menyebabkan Kebakaran Hutan

Manis Sejagad – Kepala Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi. Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal, memerintahkan anak buahnya untuk menembak siapapun yang sengaja membakar hutan di wilayah Jambi. Hal itu untuk membuat para pelaku jera, meskipun telah berulang kali diberi peringatan.

“Ini untuk menjadi perhatian bagi masyarakat yang telah diingatkan berulang kali. Ini untuk menunjukkan ketegasan dan keseriusan kami,” kata Refrizal, Sabtu (5/8) seperti dilansir Reuters.

Tembak bagi yang sengaja menyebabkan kebakaran hutan.

Refrizal yang juga menjabat Kepala Satgas Karhutla Provinsi Jambi mengatakan, hal itu untuk mendukung upaya semua pihak mencegah dan memadamkan kebakaran hutan di Jambi yang telah menyebabkan muncul kabut asap.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengumumkan lima provinsi di Indonesia darurat kebakaran, dengan jumlah titik api yang kian meningkat selama seminggu terakhir. Lima provinsi itu, antara lain Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, juga Jambi.

Berdasarkan catatan BNPB, setidaknya terdapat 239 titik api sejak 30 Juli, dari sebelumnya hanya 173 titik api, yang tersebar di wilayah Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Diperkirakan ancaman kebakaran hutan akan meningkat selama musim kemarau hingga September mendatang.

Peristiwa ini tentu bukan kali pertama terjadi. Pada 2015 misalnya, Sumatera dan Kalimantan mengalami kebakaran hutan terburuk di sepanjang tahun tersebut. Tak jarang, asap kebakaran yang begitu tinggi bisa sampai ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Peristiwa kebakaran hutan terparah salah satunya terjadi pada 2015 lalu. Saat itu, data Bank Dunia mencatat pada Juni hingga Oktober. Indonesia kehilangan 2,6 juta hektar lahan akibat kebakaran dengan estimasi kerugian sekitar $16 miliar (Rp199,76 triliun).

 

 


Be the first to comment

Tinggalkan Balasan