Toilet Emas 18 Karat Ini Akan Dipinjamkan ke Trump

Manis Sejagad – Museum Guggenheim New York beritanya menawarkan untuk meminjamkan karya seni toilet emas karya seniman Italia Maurizio Cattelan pada Presiden Amerika, Donald Trump. Toilet emas 18 karat itu sempat menghebohkan dunia dua tahun yang lalu.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/1/2018), terlebih dulu Guggenheim meminjamkan lukisan Vincent van Gogh ‘Landscape with Snow’ pada Trump pada Kamis minggu ini. Dia juga menawarkan untuk meminjamkan toilet emas dalam sebuah email.

Karya seniman Italia itu berjudul ‘Amerika’ serta pernah dipamerkan pada 2016 lalu di kamar mandi di Guggenheim. Menurut situs Guggenheim, karya itu dipamerkan selama setahun.

Baca Juga : Inilah Arti Dari Huruf E Pada Indikator Bensin di Speedometer

Baca Juga : Gigi Pria Ini Rusak Parah Karena Kecanduan Minuman Soda

Kurator utama Guggenheim, Nancy Spector, menyebutkan di awal 2017 dia sempat menuliskan tentang gesekan presiden di atas toilet emas. Dia menulis kalau ‘referensi Trump’ melekat di toilet emas.

“Saat patung itu dipamerkan 15 September lalu, Trump telah bertugas selama 238 hari, sebuah istilah yang ditandai dengan skandal serta kemunduran atas kebebasan sipil yang tidak terhitung jumlahnya, selain penolakan perubahan iklim yang buat planet kita berbahaya,” tulis Spector.

Waktu toilet emas itu dipajang pertama kalinya, saat itu Trump belum dipilih menjadi Presiden Amerika. Menyikapi berita itu, pihak kurator paling utama museum menolak menjawab tentang pinjaman toilet emas kepada Trump.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan