Wasit Inggris ini Hentikan Pertandingan Saat Adzan Berkumandang

Manis Sejagad – Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg, mendapat pujian sesudah menghentikan pertandingan Piala Arab Saudi pada Al Feiha melawan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma’ah, Rabu (24/1), saat azan berkumandang.

Sesi tambahan pertandingan Al Feiha melawan Al Fateh berjalan lima menit saat Clattenburg mendadak menangkat tangan meniup peluit. Beberapa pemain kedua tim sempat sesaat bingung lantaran wasit 42 tahun itu meniup peluit waktu tak ada pelanggaran terjadi.

Dilansir dari Sport Bible, sembari meminta bola Clattenburg lalu menjelaskan pada beberapa pemain kalau keputusannya untuk hentikan pertandingan lantaran terdengar suara azan dari masjid dekat stadion.

Kompetisi berhenti sekitar tiga menit. Clattenburg lalu meniup peluit sinyal pertandingan kembali dimainkan setelah azan usai. Ratusan penonton di Stadion King Salman juga sempat bertepuk tangan memberikan pujian pada keputusan Clattenburg.

Baca Juga : iPhone-nya Dicuri, Mahasiswa Ini Buat Film Dokumenter

Tidak hanya mendapat pujian dari penonton di stadion, Clattenburg yang merupakan wasit terbaik dunia 2016 itu juga dipuji netizen di media sosial. Netizen memuji keputusan Clattenburg yang berani menghentikan pertandingan karena mendengar suara azan.

Baca Juga : Ilmuwan Jepang Temukan Pisang dengan Kulitnya Bisa Dimakan

“Terima kasih tuan Clattenburg untuk menghentikan pertandingan saat azan. Anda menunjukkan keberanian yang wasit lain tidak mampu melakukannya,” tulis akun Twitter @Fareed.

Sementara itu akun @saudj99 menulis, “Apa yang kamu lakukan di pertandingan Fayha vs Fateh sangat indah. Itu menunjukkan rasa hormat dan Anda memang pantas berada di posisi Anda saat ini.”

Pada Februari 2017, Clattenburg mengambil keputusan mengejutkan untuk meninggalkan posisi sebagai wasit Liga Primer Inggris dan menerima tawaran Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). Clattenburg kini menjabat sebagai Kepala Wasit SAFF menggantikan posisi Howard Webb. Keputusan itu juga membuat Clatteburg kehilangan lencana wasit FIFA.

Clattenburg terbilang memiliki karier yang cukup mengilap. Wasit asal Consett, County Durham, itu sempat memimpin sejumlah pertandingan besar, termasuk final Liga Champions 2016 dan final Piala Eropa 2016.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan